Doa Ihram Haji Dan Umroh Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Blog Khusus Doa - Berikut ini kami share lafadz doa ihram ketika haji dan/atau umrah. Seperti diketahui, ihram merupakan salah satu rukun haji yaitu syarat wajib yang harus dilakukan ketika menunaikan ibadah haji. Ihram mempunyai tempat-tempat tertentu yang dikenal dengan nama miqat. Dalam pengertiannya, berdasarkan istilah syara' ihram yaitu memasuki ibadah haji.

Dalam wikipedia dijelaskan, ihram adalah keadaan seseorang yang telah beniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah. Mereka yang melaksanakan ihram disebut dengan istilah tunggal "muhrim" dan jamak "muhrimun". Calon jamaah haji dan umrah harus melaksanakannya sebelum di miqat dan diakhiri dengan tahallul.

Adapaun untuk lafadz bacaan doa ketika ihram ketika haji dan umrah ialah sebagai berikut lengkap dalam bahasa arab, goresan pena latin serta terjemahannya.

 ihram merupakan salah satu rukun haji yaitu syarat wajib yang harus dilakukan ketika menuna Doa Ihram Haji dan Umroh Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi: Ihram (Pakaian Ihram)

Bacaan Doa Haji dan Umrah - Doa Ihram

اَللهُمَّ إِنِّىْ اُحَرِّمُ نَفْسِىْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِىْ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA INNII UHARRIMU NAFSII MIN KULLI MAA HARROMTA 'ALAL MUHRIMI FARHAMNII YAA ARHAMARRAAHIMIINA
Artinya :
Ya Allah, bergotong-royong saya mengharamkan diriku dari segala apa yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram alasannya ialah itu rahmatilah saya ya Allah yang Maha Pemberi Rahmat

Itulah bacaan doa ihram haji dan/atau umrah dalam bahasa arab, goresan pena latin dan terjemahannya. Perlu kita pahami, ketika ihram diharamkan untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan tertentu, ibarat :
  • Memakai pakaian berjahit
    Adapun untuk Pakaian ihram bagi pria ialah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang digunakan untuk bab bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian perempuan ihram ialah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian ihram disunatkan putih.
  • Menutup kepala (bagi lelaki) dan muka (bagi perempuan)
  • Memakai Parfum (Wewangian)
  • Bersetubuh
  • Menikah
  • Berkata atau melontarkan ucapan kotor
  • Membunuh hewan dan tumbuhan
  • Memotong rambut/ kuku, dan lain-lain.

Islam mengharamkan orang yang sedang melaksanakan ibadah haji menggunakan pakaian yang dijahit mencukur rambut dan menggunakan parfum, bertujuan untuk menyamaratakan semua manusia. Karena pakaian dan aksesori ialah menunjukan perbedaan tingkat derajat manusia, dan dengan pakaian seseorang sanggup dibedakan dari yang lainnya.

Oleh karenanya, Islam melarang semua itu dan menganjurkan menggunakan pakaian yang serba sederhana sebagai menunjukan persamaan di hadapan Allah dan menjalankan ibadah haji. Islam bertujuan hendak menghapus segala macam tanda-tanda yang sanggup membedakan antara si kaya dan si miskin, dan antara rakyat jelata dan penguasa. Oleh alasannya ialah itu, kita sanggup melihat para jama’ah haji di Arafah telah menanggalkan semua pakaian kecuali hanya menggunakan pakaian ihram.  


Sumber Referensi :
#Wikipedia
#Facebook IslamPos
#Berkah Armina

Sumber https://www.blogkhususdoa.com

Belum ada Komentar untuk "Doa Ihram Haji Dan Umroh Lengkap Arab, Latin Dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel