Doa Saat Minum Air Zam-Zam Lengkap Terjemahannya

Blog Khusus Doa - Ketika minum air zam-zam apakah dianjurkan untuk berdoa? Pertanyaan tersebut sering kita dengar dikalangan masyarakat, alasannya ialah sebagian masyarakat meyakini ada doa khusus saat minum air zamzam, dan ternyata ada juga yang belum hafal dengan lafadz doa minum air zam-zam tersebut.

Sebagaimana yang telah kami baca dan pelajari, bahwa ada sebuah riwayat dari Ad Daruquthniy (namun ini bukan perkataan Rasulullah SAW), hanya doa yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa saat minum air zam-zam. Dan doa inilah yang hingga kini diamalkan oleh sebagian orang saat meminum air zamzam.

Berikut ialah lafadz doa selengkapnya.

 Pertanyaan tersebut sering kita dengar dikalangan masyarakat Doa Ketika Minum Air Zam-zam Lengkap Terjemahannya
Ilustrasi: Minum Air (Zamzam)

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ

ALLAHUMMA INNII AS ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA AN MIN KULLI DAA IN
Artinya :
Ya Allah saya memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.

Lantas, apakah Rasulullah SAW tidak membaca doa saat meminum air zam-zam? Ada sebuah hadits shahih dari Nabi SAW, bahwa dia pernah minum air zam-zam sambil berdiri. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari,

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم
Artinya :
“Aku pernah memperlihatkan minum air zam-zam pada Rasulullah SAW dan dia meminumnya sambil berdiri.”

Dalam riwayat lain, dari Rasulullah SAW bahwa khasiat air zam-zam itu tergantung pada maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca sehabis meminum air zam-zam ialah doa yang mustajab.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda,
ماء زمزم لما شرب له
Artinya :
“Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.”

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya wacana hadits di atas, kemudian dia menilai bahwa hadits tersebut shahih.

Nah, dari beberapa klarifikasi diatas, sanggup kita tarik kesimpulan bahwa tidak ada doa-doa khusus saat minum air zamzam yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, tetapi kita dianjurkan untuk berniat dengan keniatan yang baik saat minum air zamzam serta berdoa sehabis meminum air zam-zam, alasannya ialah doanya mustajab sebagaimana para ulama menyimpulkan riwayat Nabi SAW menyerupai yang sudah dijelaskan diatas.

Adapun untuk lafadz doa saat minum air zamzam sebagaimana yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas bukanlah perkataan Nabi. Makara intinya, saat minum air zam-zam hendaknya berniat dengan niatan yang baik dan berdoa pada Allah sehabis minum air zam-zam.

Demikian yang sanggup kami sampaikan,   biar Allah SWT memperlihatkan keberkahan kepada kita semua dengan minum air zam-zam. Amien.

Sumber Referensi :
#http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/doa-ketika-minum-air-zam-zam.html

Sumber https://www.blogkhususdoa.com

Belum ada Komentar untuk "Doa Saat Minum Air Zam-Zam Lengkap Terjemahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel