Hikmah Dan Keutamaan Membaca Kitab Suci Al-Qur'an

Blog Khusus Doa - Al-Qur'an merupakan kitab suci agama islam dan sekaligus wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui (perantara) Malaikat Jibril untuk dijadikan pegangan dan/atau anutan hidup bagi seluruh umat manusia, yang akan menuntun kita semua kearah yang lebih baik untuk mendapat rahmat, syafa'at serta kebaikan dari Allah SWT. Al-Qur'an juga sebagai salah satu Rukun Iman, yaitu seorang muslim wajib mengimani bahwa Al-Qur`an merupakan penghapus aturan dari semua kitab suci yang turun sebelumnya.

Baranag siapa yang berinteraksi dengan Al-Qur'an dengan baik niscaya akan mendapat syafa'at serta pahala yang besar dan akhir yang berlipat-lipat. Orang yang membaca, memahami, menghafalkan, dan mengamalkan isinya akan mendapat kemuliaan di sisi Allah SWT. Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni dari Abi Umamah ra. Ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘ Bacalah olehmu Alquran, sebetulnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari selesai zaman bagi para pembacanya (penghafalnya)"

an merupakan kitab suci agama islam dan sekaligus wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhamm Hikmah dan Keutamaan Membaca Kitab Suci Al-Qur'an
Ilustrasi : Membaca Kitab Suci Al-Qur'an


Masih banyak lagi pesan yang tersirat dan keutamaan membaca Al-Qur'an yang sangat luar biasa dan menakjubkan bagi siapa saja yang membacanya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan berikut ini, sebagaimana kami lansir dari laman Republika.co.id

Keutamaan dan Hikmah Membaca Kitab Suci Al-Qur'an
  1. Menjadi perniagaan yang tidak akan merugi.
    Allah berfirman: "Sesungguhnya orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan rahasia dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi." (QS al-Fathir: 29).
  2. Membaca Al-Qur'an Merupakan Amal yang Terbaik.
    Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mencar ilmu Quran dan mengajarkannya." ( HR Bukhari).
  3. Mendapat derajat atau kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT.
    Rasulullah bersabda: "Orang yang membaca Quran dengan hebat akan bantu-membantu malaikat yang mulia lagi taat (HR Bukhari dan Muslim).
  4. Mendapat sakinah (ketenangan jiwa) dan rahmat (kasih sayang).
    Rasulullah bersabda: "Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Quran kecuali turun atas mereka sakinah dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan malaikat (sisi-Nya)." (HR Muslim).
  5. Mendapat sebaik-baik anugerah Allah SWT.
    Rasulullah bersabda dalam hadis qudsi, Allah berfirman: "Barang siapa yang sibuk dengan Quran dan zikir dari meminta-Ku, saya akan memperlihatkan kepadanya sebaik-baik anugerah-Ku. Keutamaan kalamullah (Alquran) atas kalam-kalam selainnya ibarat keutamaan Allah atas semua makhluk-Nya." (HR Tirmidzi)
  6. Seperti buah utrujah yang kedaluwarsa dan lezat.
    Rasulullah bersabda: "Perumpamaan orang beriman yang membaca Quran ibarat buah utrujah; aromanya kedaluwarsa dan rasanya lezat, perumpamaan orang beriman yang tidak membaca Quran itu ibarat kurma; tidak beraroma tapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Quran itu ibarat buah raihanah, aromanya kedaluwarsa tapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Quran ibarat buah handhalah (semacam labu) ; tidak beraroma dan rasanya pahit." (HR Bukhari dan Muslim).
  7. Mendapat kebaikan berlipat ganda.
    Rasulullah bersabda: "Barang siapa membaca satu aksara dari kitabullah baginya satu kebaikan. Satu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak menyampaikan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi).
  8. Memberikan syafaat divhari selesai zaman kelak.
    Rasulullah bersabda: " Bacalah Alquran, sebetulnya pada hari selesai zaman ia akan memperlihatkan syafaat kepada pembacanya." (HR Muslim).

Itulah beberapa Hikmah, Manfaat dan Keutamaan Membaca Al-Qur'an yang sangat menakjubkan dan luar biasa. Dengan memahami beberapa keutamaan membaca Alquran ibarat yang sudah dipaparkan diatas, agar kita terinspirasi dan bersemangat dalam membaca Alquran. Dan agar Allah SWT merahmati kita semua dengan wasilah Quran yang kita baca.  

Sumber https://www.blogkhususdoa.com

Belum ada Komentar untuk "Hikmah Dan Keutamaan Membaca Kitab Suci Al-Qur'an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel