Hikmah Keutamaan Sholat Sunah Rawatib (Membangun Istana Di Surga)

Blog Khusus Doa - Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sholat sunnah rawatib ialah sholat sunnah yang mengelilingi sholat fardhu . 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan, bahwa Allah SWT akan membangun rumah (Istana) di nirwana untuk orang-orang yang melaksanakan sholat 12 raka'at pada siang dan malam hari yakni sholat sunnah rawatib. Adapun dalil ihwal hikmah dan keutamaan sholat sunnah rawatib ialah sebagai berikut :

   Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Hikmah Keutamaan Sholat Sunah Rawatib (Membangun Istana di Surga)
Ilustrasi : Sujud dalam Shalat (Shalat Rawatib)

Dari Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah SAW, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِىَ لَهُ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ. قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ فَمَا بَرِحْتُ أُصَلِّيهِنَّ بَعْدُ
Artinya :
Seorang hamba yang muslim melaksanakan shalat sunnah yang bukan wajib, alasannya ialah Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah saya mendengar hadits ini saya tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut. (HR. Muslim)

Yang dimaksud dari 12 Raka'at yaitu 4 raka'at sebelum Zhuhur, 2 raka'at setelahnya, 2 raka'at sehabis Maghrib, 2 raka'at sehabis Isya' dan 2 raka'at sebelum Fajar. Untuk lebih jelasnya mengenai jum'lah rak'aat sholat rawatib, silakan Anda pelajari artikel sebelumnya yaitu; Niat Sholat Sunnah Qobliyyah dan Ba'diyaah "Sholat Rawatib")

Di dalam riwayat lain, Dua rakaat itu lebih saya cintai daripada seluruh dunia ini. Amalan yang banyak keuntungannya mengandung banyak keistimewaan dan diam-diam . Ibnu Umar rodhiyallahu 'anhuma meriwayatkan ada seorang pria berkata kepada Rasulullah, Ya Rasulullah, tunjukkanlah satu amalan yang bermanfaat untukku. Beliau bersabda: Shalatlah dua rakaat sebelum shubuh, alasannya ialah di dalamnya terdapat keistimewaan. (HR. Ath-Thabrani) .

Di dalam riwayat lain berbunyi, Saya mendengar Rasulullah bersabda, Jangan kalian tinggalkan dua rakaat sebelum Subuh, alasannya ialah di sana tersimpan banyak rahasia. Tak pernah ditinggalkan orang-orang andal Imam Malik mendapat kabar bahwa Ibnu Umar pernah meninggalkan dua rakaat sunat fajar, lalu ia mengqadhanya sehabis matahari terbit. (Malik) Siapa yang menjaga Qobliyah Ba'diyah Dzuhur Allah mengharamkan api neraka buatnya. Ummi Habibah rodhiyallahu 'anha berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda : Allah SWT niscaya mengharamkan api neraka bagi orang yang menjaga empat rakaat sebelum dan sehabis Dzuhur. (HR. Ahmad).

Saat Qobliyah Dzuhur ialah dikala pintu langit sedang dibuka, Rasulullah bahagia sekali bila amal shalehnya diangkat dikala terbaik itu Abdullah bin as-Saib meriwayatkan, Rasulullah pernah shalat empat rakaat sehabis matahari tergelincir sebelum Dzuhur, lalu dia bersabda : Saat ini pintu langit sedang dibuka, saya lebih suka supaya amal salehku diangkat pada dikala itu. (HR. At-Tirmidzi).

Dari beberapa uraian diatas, sekarang kita mengatahui betapa besarnya manfaat, pesan yang tersirat dan keutamaan sholat rawatib. Maka dari itu, marilah kita senantiasa untuk mengamalkan sholat sunnah yang penuh pesan yang tersirat ini, supaya supaya mendapat istana di nirwana sebagaimana yang telah di janjikan oleh Allah SWT. Amien.  

Sumber https://www.blogkhususdoa.com

Belum ada Komentar untuk "Hikmah Keutamaan Sholat Sunah Rawatib (Membangun Istana Di Surga)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel