Maksiat Berbungkus Hari Kasih Sayang (Sejarah Valentine Day)

Blog Khusus Doa - Meski nasihat-nasihat, imbauan-imbauan para ulama, ustadz-ustadzah perihal Valentine Day selalu didengungkan tiap bulan Februari, tapi ternyata masih banyak orang renta para dewasa yang masih berpemahaman salah perihal Valentine’s Day.

Valentine hanya dianggap sebagai budaya dewasa modern saja. Padahal ada ancaman besar di balik Valentine yang siap menerkam para remaja. Ini yang tidak disadari para orang tua. Tiap bulan Pebruari dewasa yang notabene mengaku beragama Islam ikut-ikutan sibuk mempersiapkan perayaan Valentine. Walau banyak ustad-ustazah memperingatkan nilai-nilai iman Nasrani yang dikandung dalam peringatan tersebut, namun hal itu tidak terlalu dipusingkan mereka. “Aku ngerayain Valentine kan buat fun-fun aja….” begitu kata mereka.

Tanggal 14 Pebruari dikatakan sebagai ‘Hari Kasih Sayang’. Apa benar? Mari kita tilik sejarahnya berikut ini menyerupai dilansir dari laman Islam Post

Siapakah Valentine?

Tidak ada kejelasan, siapakah sebenarnya yang berjulukan Valentine. Beragam kisah dan semuanya hanyalah cerita perihal sosok Valentine ini. Tetapi setidaknya ada tiga cerita yang umum perihal siapa Valentine.

PERTAMA, St Valentine yaitu seorang perjaka berjulukan Valentino yang kematiannya pada 14 Pebruari 269M alasannya yaitu sanksi oleh Raja Romawi, Claudius II(265-270).Eksekusi yang didapatnya ini alasannya yaitu perbuatannya yang menentang ketetapan raja, memimpin gerakan yang menolak wajib militer dan menikahkan pasangan muda-mudi, yang hal tersebut justru dilarang. Karena pada dikala itu aturan yang ditetapkan yaitu boleh menikah kalau sudah mengikuti wajib militer.

KEDUA, Valentine seorang pastor di Roma yang berani menentang Raja Claudius IIdengan menyatakan bahwa Yesus yaitu Tuhan dan menolak menyembah dewa-dewa Romawi. Ia kemudian meninggal alasannya yaitu dibunuh dan oleh gereja dianggap sebagai orang suci.

KETIGA, seorang yang meninggal dan dianggap sebagai martir, terjadi di Afrika di sebuah provinsi Romawi. Meninggal pada pertengahan masa ke-3 Masehi. Dia juga berjulukan Valentine.

Ucapan ”Be MyValentine”

Ken Sweiger dalam artikel “Should Biblical Christians Observe It?” menyampaikan kata“Valentine” berasal dari Latin yang berarti : “Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kuasa”. Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, tuhan orang Romawi.
Maka disadari atau tidak, -tulis Ken Sweiger- kalau kita meminta orang menjadi “to be myValentine”, hal itu berarti melaksanakan perbuatan yang dimurkai Tuhan (karena memintanya menjadi “Sang Maha Kuasa”) dan menghidupkan budaya pemujaan kepada berhala. Dalam Islam hal ini disebut syirik, artinya menyekutukan Allah Subhannahu wa Ta’ala.

Adapun Cupid (berarti: the desire), si bayi bersayap dengan panah yaitu putra Nimrod “the hunter” yang kuasa Matahari. Disebut Tuhan Cinta, alasannya yaitu ia rupawan sehingga diburu perempuan bahkan ia pun berzina dengan ibunya sendiri!

Tradisi Penyembah Berhala

Sebelum masa kekristenan, masyarakat Yunani dan Romawi beragama pagan yakni menyembah banyak Tuhan atau Paganis-polytheisme. Mereka mempunyai perayaan/pesta yang dilakukan pada pertengahan bulan Pebruari yang sudah menjadi tradisi budaya mereka. Dan gereja menyebut mereka sebagai kaum kafir.

Di zaman Athena Kuno, tersebut disebut sebagai bulan GAMELION.Yakni masa menikahnya ZEUS dan HERA. Sedangkan di zaman Romawi Kuno, disebut hari raya LUPERCALIA sebagai peringatan terhadap Dewa LUPERCUS, yang kuasa kesuburan yang digambarkan setengah telanjang dengan pakaian dari kulit domba.

Perayaan ini berlangsung dari 13 sampai 18 Pebruari, yang berpuncak pada tanggal 15. Dua hari pertama (13-14 Februari) dipersembahkan untuk Dewi Cinta (Queen of Feverish Love) Juno Februata. Di masa ini ada kebiasaan yang digandrungi yang disebut sebagai Love Lottery/Lotre pasangan, di mana para perempuan muda memasukkan nama mereka dalam sebuah ember kemudian para laki-laki mengambil satu nama dalam ember tersebut yang kemudian menjadi kekasihnya selama pameran berlangsung. Seiring dengan invasi tentara Roma, tradisi ini menyebar dengan cepat ke hampir seluruh Eropa.

Hal ini menjadi penyebab sulitnya penyebaran agama Nasrani yang dikala itu tergolong sebagai agama gres di Eropa. Sehingga untuk menarik jemaat masuk ke Gereja makadiadopsilah perayaan kafir pagan ini dengan memberi kemasan kekristenan. MakaPaus Gelasius Ipada tahun 469 M mengubah upacara Roma Kuno Lupercalia ini menjadi Saint Valentine’s Day.

Ini yaitu upaya Gelasius membuatkan agama kristen melalui budaya setempat. Menggantikan posisi dewa-dewa pagan dan mengambil St Valentine sebagai sosok suci lambang cinta.

Ini yaitu bentuk sinkretisme agama, mencampuradukkan budaya pagan dalam tradisi Kristen. Dan akibatnya diresmikanlah Hari Valentine oleh Paus Gelasius pada 14Pebruari di tahun 498.

Bagaimanapun juga lebih gampang mengubah keyakinan masyarakatsetempat kalau mereka dibiarkan merayakan perayaan di hari yang sama hanya saja diubah ideologinya. Umat Nasrani meyakini StValentino sebagai pejuang cinta kasih. Melalui kelihaian misionaris, Valentine’s Day dimasyarakatkan secara internasional.

Jelas sudah, Hari Valentine sebenarnya berasal dari tradisi masyarakatdi zaman Romawi Kuno, masyarakat kafir yang menyembah banyak Tuhan juga berhala. Dan sampai sekarang Gereja Katholik sendiri tidak sanggup menyepakati siapa sebenarnya StValentine. Meskipun demikian perayaan ini juga dirayakan secara resmi di Gereja Whitefriar Street Carmelite di Dublin-Irlandia.

Hari Valentin di Indonesia

Valentine’s Day disebut ‘Hari Kasih Sayang’, disimbolkan dengan kata ‘LOVE’. Padahal kalau kita mau jeli, kata‘kasih sayang’ dalam bahasa inggris bukan ‘love’ tetapi ‘Affection’. Tapi mengapa di negeri-negeri muslim menyerupai Indonesia dan Malaysia, memakai istilah Hari Kasih Sayang. Ini penyesatan.

Makna ‘love’ sebenarnya yaitu sebagaimana sejarah LUPERCALIA pada masa masyarakat penyembah berhala, yakni sebuah ritual seks/perkawinan. Makara Valentine’s Day memang tidak memperingati kasih sayang tapi memperingati love/cinta dalam arti seks. Atau dengan bahasa lain, Valentine’s Day yaitu HARI SEKS BEBAS.

Dan pada kenyataannya tradisi seks bebas inilah yang berkembang dikala ini di Indonesia. Padahal di Eropa sendiri tradisi ini mulai ditinggalkan. Maka, semua ini yaitu upaya pendangkalan iman generasi muda Islam.

Inilah yang dikatakan Samuel Zweimer dalam konferensi gereja di Quds (1935): “Misi utama kita bukan menghancurkan kaum Muslim. Sebagai seorang Nasrani tujuan kalian yaitu mempersiapkan generasi gres yang jauh dari Islam, generasi yang sesuai dengan kehendak kaum penjajah, generasi malas yang hanya mengejar kepuasan hawa nafsu”
Sumber https://www.blogkhususdoa.com

Belum ada Komentar untuk "Maksiat Berbungkus Hari Kasih Sayang (Sejarah Valentine Day)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel